About Me

Setyo Budiantoro (Budi) bekerja sebagai Manajer Pilar Pembangunan Ekonomi, Sekretariat Tim Koordinasi Nasional Pelaksanaan SDGs di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS. Tentu saja, tulisan disini adalah pendapat pribadi & bukan institusi. Budi kini juga menjadi Peneliti Senior (part time) di Perkumpulan Prakarsa, sebuah lembaga think tank di Jakarta.

Budi meraih gelar Master of Economics of Development di International Institute of Social Studies of Erasmus University Rotterdam. Sebelumnya, menyelesaikan studi Teknik Mesin lalu mengikuti Program Pasca Sarjana Ilmu Ekonomi di Universitas Indonesia. Budi juga sempat belajar di Oxford University (kerjasama dengan George Washington University), disamping mengikuti berbagai studi maupun training di dalam maupun luar negeri. Budi juga belajar pada “universitas kehidupan”. Sekitar 30 negara di 6 benua maju dan berkembang (Eropa, Amerika Utara/Selatan, Afrika, Asia, Australia) telah dikunjungi, sambil mencermati & mempelajari kehidupan sosial dan ekonominya.

Lebih dari 20 tahun Budi menekuni persoalan pembangunan, memiliki pengalaman sebagai Expert Advisor di UNDP maupun menjadi narasumber di lembaga PBB lainnya. Budi juga sempat menjadi anggota Kelompok Kerja di Kantor Staf Presiden dalam bidang Anggaran dan Kebijakan Pembangunan. Selain itu, Budi juga memiliki pengalaman menjadi Senior Konsultan di sebuah lembaga konsultan global (Umi Asia).

Budi pernah memimpin Perkumpulan Prakarsa, sebagai Direktur Eksekutif periode 2010-2015, dan menjadi Koordinator Aliansi Pajak Berkeadilan Asia Tenggara. Budi juga sempat meluangkan waktu menjadi dosen Kajian Kemiskinan di Program Pasca Sarjana di Universitas Brawijaya maupun Sustainable Finance di Program Doktoral Universitas Trisakti. Selain itu, juga menjadi Komisioner Pengawas di Komisi Anggaran Independen dan Ketua Dewan Pengawas Yayasan Bina Swadaya, salah satu lembaga swadaya masyarakat mandiri (social entrepreneur) terbesar di Indonesia. Budi juga sempat menjadi reviewer aplikasi beasiswa pasca sarjana ke Belanda dalam bidang studi pembangunan, komunikasi dan hubungan internasional, setidaknya selama 3 tahun.

Bukan hanya dalam kapasitas networking & leadership, Budi juga memiliki kemampuan kuat dalam complex problem solving skill dan penulis produktif. Telah memenangkan berbagai sayembara penulisan nasional, dalam bidang ekonomi pembangunan. Budi juga telah menulis beberapa buku dan sekitar 50 artikel ke berbagai media nasional terkemuka, baik berbahasa Indonesia & Inggris (Kompas, Jakarta Post, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Media Indonesia, dll). Budi juga telah menulis beberapa riset/paper policy analysis yang menjadi headline/burning issue di media-media terkemuka, serta menulis laporan resmi pemerintah Indonesia ke dunia internasional. Selain itu, Budi juga mempunyai pengalaman sebagai high officials speech writer untuk pertemuan dalam maupun luar negeri.

error: Content is protected !!